Sunday, March 8, 2009

Koneksi mobile internet



Macam-macam Koneksi Internet Mobile :

Dengan Ponsel atau PDA


Perangkat komunikasi ponsel atau PDA kini sudah bisa difungsikan sebagai modem nirkabel koneksi ke PC maupun laptop, baik lewat kabel data, inframerah, atau bluetooth. Namun, perlu juga diingat, bahwa tidak semua jenis ponsel dapat mendukung setiap jaringan GPRS bisa disulap jadi modem. Umumnya ponsel-ponsel lawas bisa difungsikan sebagai modem.

Supaya ponsel bisa digunakan sebagai modem, selain harus ada koneksi ke PC baik via kabel data, inframerah, atau bluetooth, dibutuhkan pula driver modem yang biasanya sudah dibundel pada saat penjualan ponsel atau PDA tersebut.

Jika ponsel sudah bisa difungsikan, jangan lupa aktifkan jenis koneksi yang tersedia di perangkat komunikasi tersebut, baik GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, atau jaringan CDMA jika menggunakan ponsel CDMA. Biasanya operator sudah menyediakan layanan aktivasi jaringan via SMS atau OTA (over the air).

Yang terpenting, sediakan pula input setting akses jaringan sesuai dengan operator yang digunakan. Misalnya APN (Accses Point Name) Matrix adalah satelindogprs.com, sedangkan XL adalah xlgprs.net.

Ketika akan melakukan browsing, pastikan sinyal di ponsel dalam keadaan penuh. Karena bagus tidaknya sinyal akan memengaruhi kualitas internet yang digunakan. Sedangkan jika bicara, masalah laju data yang biasanya dihitung dalam kilobite, yang berpengaruh adalah tipe jaringan yang digunakan. Misalnya yang menggunakan 3G pasti laju datanya akan lebih cepat jika menggunakan GPRS. Begitu pula dengan pengguna CDMA, yang menggunakan CDMA 2000 1x EVDO pasti lebih cepat ketimbang menggunakan CDMA 2000 1x.

Modem eksternal

Selain menggunakan handset macam ponsel atau PDA untuk mengakses internet pada PC atau laptop, yang cenderung agak panas jika digunakan browsing terlalu lama, yang lebih stabil lagi yakni menggunakan modem eksternal seperti modem USB, modem kabel, kartu data PCMCIA, dan kartu Wi-Fi.

Modem USB, perangkat ini penggunaannya sangat mudah karena kita tinggal colokkan perangkat tersebut ke port USB. Salah satu produk yang kini tengah ditawarkan di antaranya Wimode milik Bakrie Telecom. Perangkat ini bekerja memakai sinyal dari BTS (base transceiver station) Esia, bukan hotspot. Produk ini juga bisa difungsikan untuk menelefon atau ber-SMS. Produk lainnya yang juga memanfaatkan jaringan operator adalah TelkomselFlash dari Telkomsel atau Data Card XL. Umumnya biaya dengan akses perangkat ini berbasis pada tarif layanan data yang telah ditentukan oleh pihak operator.

Namun, kelemahan dengan memakai perangkat ini adalah kecepatan yang sangat tergantung dari PC atau laptop yang digunakan. Misalnya jika kita memakai komputer yang lambat atau kena virus, koneksi internetnya akan terasa lambat.

Koneksi yang lainnya adalah dengan modem kabel. Modem ini sedikit agak istimewa karena dengan alat ini PC bisa mengakses internet melalui sambungan TV kabel. Akan tetapi, supaya bisa bekerja, komputer mesti dilengkapi oleh ethernet card.

PCMCIA

Kartu PCMCIA (Personal Computer Memory International Associated) ini awalnya hanya didesain untuk PC laptop, yaitu untuk ekspansi memori, tetapi kemudian berkembang menjadi kartu jaringan, modem, dan media simpan eksternal. Saat ini ada tiga jenis kartu PCMCIA, yakni PCMCIA I, II, dan III.

PCMCIA I yang mempunyai tebal 3,3 mm adalah kartu yang berfungsi untuk memori,

sedangkan PCMCIA II yang mempunyai tebal 5,0 mm berfungsi untuk kartu modem, LAN, SCSI serta suara, dan PCMCIA III yang mempunyai tebal 10,5 mm digunakan sebagai harddrive ATA.

Untuk akses internet yang digunakan tentu saja kartu PCMCIA II. Selain sebagai modem kartu ini juga menyediakan slot untuk SIM-card untuk jaringan GSM atau CDMA sehingga bisa digunakan untuk menelefon atau SMS. Selain dimasukkan ke slot PCMCIA, kini ada juga kartu yang menggunakan port USB sebagai antarmuka (interface). Jadi, kartu jenis ini bisa pula digunakan pada PC desktop.

Kartu Wi-Fi

Jenis kartu ini mempunyai dua colokan, ada yang bisa menggunakan slot PCMCIA dan ada juga yang menggunakan port USB. Namun, kartu wi-fi biasanya digunakan untuk laptop model lama atau PC desktop. Jika kartu ini sudah terpasang, pengguna bisa langsung mencari media hotspot yang umumnya disediakan secara gratis yang kini makin banyak dipasang seperti di pusat perbelajaan, kafe, hotel, kampus, dan tempat-tempat ramai lainnya. Jadi, jika ingin main internet secara gratis PC untuk memasang fasilitas Wi-Fi salah satunya dengan menggunakan kartu PCMCIA dengan fungsi Wi-Fi. (A.Andrian).
(Sumber: DshForum by Abiyasy)

Tanya - Jawab :

Tanya (1)
Koneksi internet pakai Telkomnet Instan ternyata mahal. Kalau mau beralih ke speedy yang Rp.120 ribu/1 Giga) atau IM2 atau telkomflash yang Rp.100 ribu/bulan unlimited yang kualitas koneksinya bagus dan murah, bagiamana menurut anda?

Jawab (1)
Koneksi internet itu khan pada dasarnya ada 2 macam koneksi yaitu dengan kabel dan tanpa kabel. Telkomnet Instan dan Telkom Speedy adalah contoh koneksi yang menggunakan kabel. Sedangkan akses internet yang melalui provider seluler (GSM dan CDMA) adalah koneksi internet tanpa kabel. Tentunya koneksi internet dengan kabel dan tanpa kabel, masing-masing ada kelebihan dan kekuranganya, misalnya kalau penggunanya mobile (berpindah-pindah) tentu hanya bisa menggunakan yang tanpa kabel. Namun perlu diperhatikan bahwa kecepatan akses internet (upload dan download) sangat tergantung dari kapasitas dan banyaknya pengguna yang menggunakan koneksi terkait.

Biasanya kualitas (baca kecepatan akses internet) itu berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan, karena kalau murah, user akan berbondong-bondong kesitu, dan akhirnya kapasitasnya (kecepatanya) jadi menurun juga akhirnya, karena terlalu banyak yang menggunakan.

Kalau berinternet sekedar mencari informasi, saya menyarankan untuk menggunakan internet langsung dari HP menggunakan Opera mini, karena pulsanya jauh lebih murah daripada browsing biasa (karena hitunganya adalah per KB). Untuk tahu mana yang paling bagus saya kira bisa dicoba dengan mengganti SIM cardnya (saya kira kartu prabayar GSM sangat banyak dan murah, tinggal dicoba), karena biasanya kualitas sinyal sangat dipengaruhi posisi. Tetapi kalau boleh menyarakan kalau untuk kualitas lebih bagus pakai telkomsel (secara umum), tapi kalau murah pakai IM3 saja, tarifnya Cuma Rp 1/Kb.

Tanya (2)
Kalau internet via HP lebih baik kualitas koneksinya langsung dari HP atau HP dihubungkan ke laptop(HP sebagai modem)?

Jawab (2)
Kalau dari HP langsung itu kelebihanya sudah ada fitur kompresi (kalau pakai Opera Mini), sehingga data yang didownload lebih kecil daripada kalau dari PC, yang artinya kalau itungan pulsanya per KB, akan lebih murah dari HP. Kalau butuh tampilan yang lega, memang harus pakai Notebook, dan sebaiknya koneksi ke notebook menggunakan kabel data (kalau menggunakan Bluetooth atau Infa Red biasanya kurang setabil).

Tanya (3)
Kalau untuk sekarang HP yang bagus koneksinya dan murah untuk internetan, dan bisa dihubungkan ke laptop sebaiknya menggunakan apa ya?... merk dan serinya?.... kalau nokia 6120 classic bagaimana?

Jawab (3)
Menurut hemat saya yang murah meriah dan cukup lengkap fiturnya adalah Nokia 6120 Classic, karena layarnya sudah QVGA (320×240) sehingga cukup nyaman meskipun kita browsing dari HP langsung.

Tanya (4)
Dengan spesifikasi apa HP yang bagus koneksinya?

Jawab (4)
Koneksi bagus sebenarnya tergantung dari banyak hal, diantaranya adalah sinyalnya…, biasanya di daerah, sinyal 3G/HSDPA kurang bagus, sehingga agak susah untuk dapat kecepatan yang bagus untuk internetan. Kalau sinyal nya dah bagus bisa 3G/3.5G maka devicenya juga harus mendukung. Untuk Nokia 6120 Classic sudah mendukung 3.5G

Tanya (5)
Apa arti 3G atau HSDPA?

Jawab (5)
GPRS, EDGE, 3G dan 3.5G (HSDPA) biasanya terkait dengan kecepatan transfer data. Kalau modem di PC atau notebook khan biasanya bisa 36 kbps atau 56 kbps, nah kalau 3G itu bisa sampai 384 kbps, artinya kecepatan maksimumnya adalah 384 kbps dan kalau 3.5G/HSDPA itu secara teori bisa sampai 3,6 Mbps (3600 kbps). Tapi kecepatan ini kembali lagi tergantung dari sinyal dari provider dan banyaknya user yang akses, semakin banyak semakin lambat. Jadi kalau mau tahu yang paling oke ya musti dicoba satu-per satu.

Tanya (6)
Program Symbian itu untuk apa?.... Apakah sama dengan word office?

Jawab (6)
Symbian itu Operating System (O/S) di Mobile Device, kalau di PC kaya Windowsnya…, sedangkan MS Office adalah aplikasinya. Seperti di PC, HP yang symbian bisa diinstall bermacam-macam aplikasi. Keunggulan HP ber O/S Symbian adalah memungkinkan membuka aplikasi lebih dari satu (multitasking) sehingga misalnya kita sedang browsing dan ada SMS, kita bisa berpindah ke aplikasi untuk SMS tanpa harus menutup browser internetnya.

Tanya (7)
Apakah fitur opera mini yang ada di HP sama dengan internet eksplorer yang ada di laptop?HP apa saja yang bisa download opera mini?, dan kalau download dari internet ke HP mengapa tidak bisa?

Jawab (7)
Browser Opera Mini tentu tidak selengkap Internet Explorer di PC, tetapi setidaknya sebagian fitur-fiturnya sudah ada di Opera Mini. Untuk mendownload, HP kita harus sudah bisa internetan.

Daftar paket beserta tarif koneksi internet mobile :

A. Dengan Operator GSM/3G
* Pascabayar
* Hardware : 3G/GPRS Modem atau ponsel yang sudah support modem GPRS/3G/HSDPA
* Harga mulai 1.7jt.

1. Indosat, ini paket terbaru untuk Indosat Broadband 3.5 G

Paket Economy : 250 MB : Rp. 90.000,- per bulan
Paket Extra Light : 750 MB : Rp. 200.000,- per bulan
Paket Light : 1.5 GB : Rp. 300.000,- per bulan

Kelebihan pemakaian : Rp. 0.4 / KB
(Sumber : Kompas 26/05/08)
Disayangkan berbeda paketnya dengan di web IndosatM2 (mungkin belum di update).

2. Telkomsel, ini paket terbaru dari Telkomsel Flash, Paket UNLIMITED.
Hebatnya Telkomsel mulai memberi yang murah dan UNLIMITED, hanya
dibedakan pada kecepatan aksesnya.

Paket Basic : Kecepatan 256 KBps : Harga per bulan Rp. 125.000,-
Paket Advance : 512 KBps : Rp. 225.000,-
Paket Pro : 3.6 MBps : Rp. 400.000,-
(Sumber : Iklan di Kompas, 26 Mei 2008 dan web Telkomsel).

3. XL, masih paket yang lama :

Paket Mega Data: 250 MB : Rp. 99.000 / bulan
Paket Giga Data : 1 GB : Rp. 279.000 / bulan
Paket Giga Data : 3 GB : Rp. 499.000 / bulan

Kelebihan pemakaian : Rp. 0.4 / KB
(Sumber : web XL)

B. Dengan Operator GSM/3G
* Prabayar, dapat isi ulang pulsa
* Hardware : 3G/GPRS Modem atau ponsel yang sudah support modem GPRS/3G/HSDPA,
* Harga mulai 1.7jt.

1. Indosat, Paket Terbaru : Broom

- Rp. 10.000,- untuk 16 MB, masa aktif 7 hari
- Rp. 25.000,- untuk 41 MB, masa aktif 15 hari
- Rp. 50.000,- untuk 83 MB, masa aktif 30 hari
- Rp. 100.000,- untuk 166 MB, masa aktif 45 hari

Starter Pack : Rp. 150.000,- mendapatkan voucher perdana 160 MB
(Sumber : web Indosat M2).

2. Telkomsel, Paket TelkomselFlash, berlaku untuk KartuHalo, Simpati, Kartu AS

- Paket PAY as YOU GO : Rp. 350 / menit
- Paket Akses : Rp. 30.000 / 3 jam (berlaku selama 24 jam)
- Paket Akses : Rp. 100.000 / 24 jam (berlaku selama 1 minggu)

Sumber : web Telkomsel.

3. XL, berlaku tarip : Rp. 10 / KB (Kartu Jempol, Bebas dan XPlor)
Sumber : web XL.

4. AXIS, GRATIS Paket Data hingga tgl 31 Mei 2008 pemakaian 100 MB.
Kelebihan pemakaian : Rp. 1 / KB dihitung per 10 KB.
Sumber : web AXIS.

C. Dengan Operator CDMA
* Prabayar
* Jangkauan hanya wilayah lokal, misal Jakarta dan sekitarnya.
* Hardware : CDMA Modem atau ponsel yang sudah support modem CDMA,
* Harga mulai 600ribu.

1. Esia/Wifone.
Esia : Rp. 250 per menit, sumber : web Esia.
Wifone : Rp. 100 per menit , sumber : web Wifone.

2. Starone/Indosat
Starone : Rp. 75 per menit, sumber web : Indosat.

3. Telkom Flexy
Flexy : Rp. 3 per KB, sumber web : TelkomFlexy.

Pemilihan paket diatas, dapat dipertimbangkan dengan :

- Seringnya kita mobile
- Hanya dalam kota atau keluar kota
- Frekwensi waktu
- Banyaknya data yang di download
- Faktor kecepatan akses

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi penyedia jasa koneksi internet dimaksud.
(sumber : mailing list TDA - IT)

Kalau ada yang mau menambahkan.menambahkan silahkan, .... jangan malu-malu memberi komentarnya, atau barangkali mau mengkoreksi

Disunting oleh : Amithya S. Putri, ST, dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment